Penyakit Kulit “Dollar” Khas Pedalaman Papua

0
Penyakit kulit 'dollar'/ Foto : Abdi Susanto

Penyakit kulit ‘dollar’/ Foto : Abdi Susanto

Inilah penyakit kulit khas wilayah pedalaman Papua, berupa lingkaran berbentuk dollar dan berasa gatal sekali

Selama dua minggu melakukan perjalanan ke Papua bersama Kelompok Bakti Kasih Kemanusian (KBKK) dari tanggal 13 hingga 27 Oktober 2011, satu hal menarik yang kami temui di sana selain pemandangan alam Papua yang indah adalah adanya kasus penyakit kulit yang agak aneh (setidaknya menurut saya) dengan bentuk melingkar-lingkar.

“Itu yang disebut dengan penyakit Tinea imbricata,” jelas Dr. Irene Setiadi SpKK Ketua Tim dan pendiri KBKK kepada sehatnews.

Penyakit ini menurut Irene merupakan bentuk infeksi jamur menahun yang dialami akibat pola hidup yang tidak sehat, mengenai tangan dan kaki dan bisa menyebar ke seluruh tubuh. “Rasanya gatal sekali dan tentu saja menyiksa,” jelas Irene.

Tentu saja tidak heran penyakit yang disebut dengan “dollar” karena bentuknya mirip dengan simbol dollar menjadi hal biasa karena warga penduduk pedalaman Asmat di Papua tidak mengenal air ledeng. Yang mereka sebut mandi ya menceburkan diri ke sungai.

Kalaupun mereka mandi, air menjadi barang sangat berharga bagi mereka karena air mandi dan minum hanya bisa didapat dari hujan. Kondisi lingkungan yang berupa rawa dan tanah gambut dengan air yang mengandung asam merupakan kendala bagi mereka untuk bisa menikmati air bersih selain dari air hujan.

Nah, bagaimana dengan Anda yang tinggal di kota besar atau di wilayah penuh berlimpah air tetapi kerap memboroskannya dengan sia-sia?

730 Total Views 1 Views Today
Share.

About Author

Abdi Susanto

Wartawan Liputan6.com, anggota KBKK Indonesia

Leave A Reply