KBKK Misi Bali, Kasih Universal Berkarya Lintas (Batas) Iman (3)

0

Halaman gereja, tempat baksih medik diadakan

Hari ke-4 (09 Juli 2017), tim KBKK akan mengadakan: pengobatan gratis, seminar kesehatan, animasi misioner, sharing injil dan BIA di Paroki Santa Maria Ratu Rosari, Gianyar. Tim dibagi menjadi 3 paralel, karena kegiatan berlangsung di lokasi yang sama namun berbeda ruangan. Pengobatan gratis yang dimulai duluan pada pukul tujuh, diadakan di halaman gereja yang telah diatur sedemikian rupa oleh panitia lokal dengan memasang tenda-tenda dan meja, kursi. Sementara itu, seminar kesehatan, animasi misioner dan sharing injil akan dimulai setelah misa berakhir di dalam gereja. Sedangkan kegiatan Bina Iman Anak akan diadakan di ruang kelas SDK Santa Maria Ratu Rosari.

Dokter lokal yang ikut membantu baksih medik: dr.Tony

Umat tampak antusias. Beberapa dari mereka telah mengantri pagi-pagi untuk pengetesan gula darah, setelah berpuasa semalaman. Sebagian besar lagi mengikuti misa pagi dahulu. Halaman gereja cukup luas sehingga kegiatan baksih ini tidak mengganggu misa yang tengah berlangsung.

dr.Irene ikut membantu baksih medik sebelum acara seminar dimulai

Kepedulian Akan Kesehatan

Seminar kesehatan mengenai bahaya rokok dibawakan oleh dr.Irene. Peserta seminar yang terdiri dari beragam usia diberikan informasi mengenai bahaya rokok melalui slide dan video. Seorang Bapak, yang dulunya adalah perokok selama 6 tahun, tampil memberikan kesaksian telah berhenti merokok karena anjuran dokter serta masalah keuangan. Beliau awalnya kesulitan, tapi karena membaca sebuah buku motivasi, rokok kemudian terlihat sebagai benda menjijikkan baginya.

Suasana seminar kesehatan di dalam gereja

Spritualitas Misioner KBKK

Seminar kemudian dilanjutkan dengan animasi misioner yang memaparkan kisah lahirnya KBKK dan perjalanan misinya hingga hari ini. Presentasi ini merupakan ajakan bagi umat yang telah dibaptis untuk bisa ikut melayani sesama.

Seorang anak sedang ikut dalam sharing injil, membacakan ayat pilihannya

Pembinaan Dalam Karya

Kemudian acara dilanjutkan dengan sharing injil bersama. Kali ini dr.Irene hanya duduk mengawasi jalannya sharing, sementara anggota tim KBKK menjadi fasilitator. Ini merupakan bentuk pengajaran bagi generasi muda KBKK untuk bisa berkembang dan berani maju. Acara berlangsung lancar, bahkan anak-anak pun ikut aktif dalam kegiatan ini.

Bapak Richard tengah menceritakan kesaksian imannya

Kesaksian Akan Kasih Tuhan

Sharing injil ini sangat bermanfaat untuk saling menguatkan iman. Dari kesaksian/sharing mengenai pengalaman iman dan hidup orang lain, kita dapat belajar dan dikuatkan. Begitupun sebaliknya, ketika kita memberikan kesaksian iman, bagaimana Tuhan telah menyentuh/hadir dalam hidup kita, kita pun telah ikut ambil bagian menjadi misionaris. 2D 2K: Doa, Derma, Kurban dan Kesaksian.

Djuli dan Vero, tim KBKK untuk acara BIA

Sementara itu kegiatan BIA berlangsung lancar. Berbeda dengan kondisi kegiatan di Desa Bonyoh kemarin, di tempat ini anak-anak duduk rapi dan teratur. Kakak-kakak SEKAMI juga ikut membantu. Anak-anak diajak menyanyi, bermain dan mewarnai.

Vero dan anak-anak panti asuhan bermain bersama dengan bahasa jari

Melayani Siapapun Dalam Sukacita

Pada pertengahan kegiatan, tim kedatangan anak-anak Panti Asuhan Kesayang Ikang Papa yang non Katolik, yang hari itu juga ikut dalam pengobatan gratis. Akhirnya tim BIA dibagi dua. Vero menemani anak-anak panti di luar ruangan kelas, bermain tebak gambar dengan bahasa jari. Semua anak terlihat gembira.

Foto bersama tim KBKK dan Rm.Wanta sebelum pulang

Sekian laporan perjalanan KBKK Misi Bali. Untuk segenap anggota tim KBKK Misi Bali, kami ucapkan banyak terima kasih atas kerjasamanya. Untuk Rm.Wanta, dr.Lato, dr.Tony dan panitia lokal, terima kasih atas persiapan dan keramahannya telah menerima tim KBKK berkarya di Bali. Bila ada kesalahan dalam penulisan nama dan tempat, mohon dimaklumi. Untuk segala kekurangan dan kesalahan dalam pelayanan ini, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga Tuhan selalu memberkati langkah dan karya kita semua.

332 Total Views 1 Views Today
Share.

About Author

Angel Li

Anggota Komisi Dokominfo KBKK Periode 2018-2023

Leave A Reply