KBKK Misi Larantuka, Anugerah Alam dan Iman Umat di Menanga (1)

1

KBKK Misi Larantuka hari pertama (01 September 2017)

Tim KBKK Misi Larantuka kali ini berjumlah 13 orang, terdiri dari:

  1. Lili Marcella (PIC)
  2. Dr. Irene Setiadi (PIC Medik & BIR)
  3. Dr. Lato Kartiko Wibowo (Medik)
  4. Cathy Dere (Sekretaris & Medik-obat)
  5. Liza Hastari (Medik-obat)
  6. Lisi Yeni (Bendahara & BIA)
  7. Rosa Tarigan (BIA)
  8. Hendra Kosasih (Logistik & Medik)
  9. Thenedy Asia (Logistik & Tim Doa)
  10. Sugiharto (Logistik & Tim Doa)
  11. Julia (Tim Doa)
  12. Imam (Dokumentasi & Tim Doa)
  13. Angel (Dokumentasi)

Bantuan dari donatur yang dibawa kali ini berupa:

  1. 100 buah Kitab Suci
  2. 1000 pax bingkisan kasih untuk anak-anak (PAUD) & SD @ Rp. 30.000,-
  3. 60 pax bingkisan kasih untuk Lansia @ Rp. 100.000,-
  4. Obat-obatan
  5. 500 pasang sendal
  6. 2 karung baju anak-anak
  7. 2 karung seragam OMK
  8. Seragam KBKK untuk panitia lokal & Para Romo
  9. Buku tulis & kotak pensil

Dengan kegiatan sebagai berikut:

  • 01 September 2017: Baksih di Menanga, Solor
  • 02 September 2017: Baksih di Lewoloba, Larantuka Barat
  • 03 September 2017: Baksih di Waimana, Larantuka Timur
  • 04 September 2017: Perayaan Imamat 25 tahun RD. Bernardus Bala Kerans
  • 05 September 2017: Wisata Rohani (Kapela Maria Fatima, Kunjungan ke Paroki St. Maria Pembantu Abadi, Panti Asuhan Bakti Luhur, Susteran PRR, Museum Mgr.Gabriel Manek SVD, Kapela Tuan Ana, Kapela Tuan Ma)

Tanggal 31 Agustus 2017, tim berkumpul di Bandara Soeta, Cengkareng dengan penerbangan berangkat pada pukul 05.00 WIB. Pesawat transit ke Surabaya, kemudian lanjut ke Kupang. Tiba di Kupang pukul 09.00 WITA, kemudian setelah berganti pesawat, tim berangkat lagi pada pukul 13.00 WITA menuju Larantuka. Tim tiba di bandara Gewayantana, Larantuka pada pukul 14.30 WITA. Panitia lokal yang ditemani langsung oleh RD.Bernardus Bala Kerans atau yang lebih akrab disapa Romo Adu telah menanti di rumah Bina Saron, Keuskupan Larantuka. Tim disambut oleh Ketua Panitia lokal yaitu Bapak Anton Bala Kerans Yohanes Joni Balela beserta tim yang merupakan keluarga besar dari Romo Adu sendiri.

Kegiatan dimulai keesokan harinya, 01 September 2017, yang merupakan rangkaian kegiatan Triduum peringatan imamat perak dari Rd. Bernardus Bala Kerans. Triduum yang dipilih oleh Romo Adu adalah mengadakan misa syukur dan baksih bersama tim KBKK ke tiga lokasi berbeda di Larantuka.

Berangkat pada pukul 07.00 WITA, diantar oleh anggota dari Polres Flotim (Flores Timur), melalui Pelabuhan Laut Larantuka, tim menyeberang ke pulau Solor. Kegiatan hari ini akan diadakan di kampung Menanga, Solor Timur.

Tim ditemani pula oleh para Suster dan Frater serta panitia lokal, di antaranya Ibu Maria dan Ibu Rina, yang adalah perawat dan sekaligus adik kandung dari Romo Adu sendiri. Juga Bapak Yani Niron sebagai ketua tim dokumentasi.

Upacara Penyambutan oleh umat di Menanga

Di kampung Menanga, kedatangan tim disambut oleh nyanyian umat dan acara pengguntingan pita oleh Romo Adu. Kemudian berlanjut dengan misa syukur konselebrasi dengan RD.Paulus Lewu Lewoeleng (Romo Paroki dari gereja St. Fransiskus Xaverius). Hadir pula ketua dewan stasi, Bapak Piet Manuk memberikan kata sambutan dalam misa.

Persembahan dalam misa syukur

Setelah misa, kegiatan baksih pun dimulai. Untuk kegiatan pengobatan gratis dilakukan di samping gereja. Jumlah pasien yang datang kurang lebih 150 orang, bukan hanya umat Katolik setempat tetapi juga dari warga non Katolik. Ada empat pasien yang diperiksa di kamar pasien yang disediakan panitia, karena butuh pemeriksaan dalam.

Situasi pengobatan gratis

Sementara itu kegiatan Bina Iman Anak dilakukan di lapangan terbuka, tidak jauh dari gereja. Sr.Reineldis, OP membantu memimpin acara Bina Iman Anak (BIA). Acara berlangsung meriah, anak-anak SEKAMI dengan lincah dan gembira menyanyikan lagu-lagu. Anak-anak tersebut berjumlah 260 orang berasal dari lima sekolah yang berbeda: SDK Waikrowe, SD Liwo, SDN Ebang, PAUD dan TK Negeri.

Ekspresi anak-anak kampung Menanga di BIA

Dalam waktu yang sama tim doa bergerak ke rumah-rumah umat yang terbagi dalam 8 KBG (Komunitas Basis Gereja), mengunjungi 20 orang sakit yang akan didoakan dan menerima bingkisan kasih dari donatur. Tim doa KBKK juga ditemani oleh para Frater dan Suster yang bertugas memberikan komuni kepada orang-orang sakit tersebut.

Ibu Julia sedang mendoakan Bapak Simon Soga Lewujo yang buta

Kira-kira pukul empat petang, setelah makan siang bersama, tim diantar para umat hingga ke pelabuhan laut Menanga. Sempat diadakan foto bersama sebelum kemudian tim berpisah, kembali ke Larantuka.

Foto bersama tim dengan Romo Adu dan Romo Paul

Sampai di pelabuhan laut Larantuka, hari sudah menjelang malam. Tim kemudian pulang ke penginapan dan melanjutkan sisa hari dengan makan malam yang ditutup dengan sharing injil tujuh langkah. Salah satu kegiatan rutin tim KBKK, untuk selalu merefleksikan bacaan injil harian dengan pengalaman hidup masing-masing dan membagikannya kepada anggota tim. Sharing ini sangat berguna untuk menguatkan sesama dan juga membantu diri sendiri semakin bertumbuh dalam iman.

Umat yang mengantar tim KBKK ke pelabuhan

Perjalanan Misi Larantuka hari pertama ini membuat tim merasa sangat bersyukur atas limpahan rahmat dari Tuhan. Dalam kegiatan, semua berjalan lancar. Umat di sini memiliki para Imam, religius dan awam misioner yang menjadi sumber iman yang kokoh. Anak-anak SEKAMI-nya riang dan bersemangat. Tim KBKK dan panitia lokal pun bekerja kompak. Yang khusus terutama di misi kali ini ada tim doa yang bisa turun ke rumah-rumah umat, mengunjungi dan menghibur orang-orang yang tengah menderita sakit. Tim pun merasa diberikan hadiah khusus bisa melihat kebesaran Tuhan dalam keindahan alam Larantuka sepanjang perjalanan pulang pergi ke pulau Solor.

Terima kasih kepada RD.Paulus Lewu Lewoeleng (Romo Paroki dari gereja St. Fransiskus Xaverius), Bapak Piet Manuk (ketua dewan stasi), panitia lokal dan seluruh umat kampung Menanga atas keramahan dan kerjasamanya. Tuhan memberkati.

 

366 Total Views 3 Views Today
Share.

About Author

Angel Li

Anggota KBKK dari Paroki Matias Rasul, Duri Kosambi, Jakarta Barat; ikut bermisi ke Keuskupan Weetebula -Sumba dalam rangka Pekan Misi Nasional KKI-KWI.

1 Comment

  1. Sungguh pekerjaan yg mulia dlm menjalankan misi kepedalaman berbagi kasih dan melayani sesama, membantu dan menolong yang sakit serta membantu yg kekurangan. Tetap semangat tim KBKK. Mungkin suatu saat nanti sy bisa join tim KBKK membantu dlm misi pelayanan ini. Tuhan memberkati.

Leave A Reply