Tiga Anak Mentawai Siap Berkarya di Mentawai

0

Keluarga besar KBKK sangat bersukacita, dalam waktu hampir bersamaan, tiga orang anak Mentawai pemegang beasiswa KBKK yang tengah studi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, bulan ini telah berhasil lulus sidang skirpsi. Pada tanggal 20 Juli 2018, Asnelly Samaloisa (jurusan agama), lalu menyusul pada tanggal 24 Juli 2018 Yasinta Sabolak (jurusan Sejarah) dan yang terakhir pada tanggal 25 Juli 2018, Astria Yuni Yashinta (jurusan akuntansi).

Lima anak Mentawai pemegang beasiswa KBKK: Sarta Saogo, Astria Yuni Yashinta, S.Pd, Asnelly Samaloisa, S.Pd, Yasinta Sabolak S.Pd, Maria Octaviani (dari kiri ke kanan)

Ketiganya telah siap diwisuda pada bulan September ini dan akan kemudian dikembalikan kepada Keuskupan Padang untuk mengabdi dan berkarya sebagai Pendidik di Mentawai, kampung halaman mereka. Mereka akan menyusul lima senior mereka yang telah lebih dulu berhasil dan kini telah menjadi Guru di Mentawai, yaitu: Mespin Zulian Samaloisa (SD St.Petrus, Tuapeijat), Agustinus Aris (SD St.Fransiskus, Sikabaluan), Merpin Saogo (SD St.Vincentius, Sikakap), Rena Christiani (SD St.Yosef, Sioban) dan Eujenius Salemurat (SMP St.Petrus, Tuapeijat). Semua merupakan sekolah-sekolah Katolik yang dikelola oleh Yayasan Prayoga milik Keuskupan Padang.

Kelima anak pemegang beasiswa KBKK yang telah lulus: Mespin Zulian Samaloisa, S.Pd, Merpin Saogo, S.Pd, Agustinus Aris, S.Pd, Rena Christiani, S.Pd, Eujenius Salemurat, S.Pd (dari atas ke bawah)

Program beasiswa KBKK untuk anak-anak Mentawai ini telah berlangsung dari tahun 2012. Dengan mendapatkan pendanaan dari donatur KBKK baik yang tetap maupun tidak tetap, KBKK memberikan kesempatan kepada anak-anak daerah untuk mendapatkan pendidikan dan masa depan yang lebih baik. Tetapi dalam hal ini dikhususkan untuk pendidikan menjadi Guru. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak ini setelah berhasil dan lulus menjadi Pendidik akan bisa kembali ke daerah untuk memajukan pendidikan di kampung halaman mereka. Dengan demikian terjadi rantai kemajuan di bidang pendidikan dan lebih banyak lagi anak-anak daerah yang akan tertolong mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan yang bermutu.

Empat anak Mentawai pemegang beasiswa KBKK: Agus Silalahi, Ardinas Roberto, Marjuki Saririkka, Martinus Frius (dari kiri ke kanan) tengah studi semester empat saat ini

Cukup panjang waktu yang dibutuhkan untuk perjuangan ini. Bukan hanya sekedar dana dan tempat studi yang diberikan, namun juga disertakan dengan pembinaan spiritualisme dan pendampingan. Pada masa liburan semester pun anak-anak diberikan fasilitas untuk dapat live-in. Tahun ini lima anak mengikuti live-in di Hortimart, untuk belajar merawat dan memperbanyak tanaman-tanaman yang bisa disewakan di kantor, mall, bank, dll. Pembekalan ini merupakan bagian dari program beasiswa KBKK.

 

Juprianus, salah seorang anak Mentawai pemegang beasiswa KBKK tengah mengikuti live-in, mengisi liburan semester

Syukur kepada Allah yang berkenan untuk memberikan rahmat dan penyertaan-Nya melalui tangan-tangan kasih yang telah bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik. Para donatur yang setia mendukung dengan dana, para pekerja Tuhan di lapangan yang memberikan hati, waktu dan tenaga tampa pamrih, serta semua yang ikut mendoakan langkah dan usaha menjalankan misi Allah ini. Semangat misioner, berbagi dalam 2D2K (Doa, derma, kurban dan kesaksian) benar-benar terwujud dalam seluruh program beasiswa KBKK ini.

Semoga para Pendidik muda ini setelah dibekali dengan pengetahuan dan juga semangat misioner, akan dapat menjadi obor penerang bagi Kepulauan Mentawai, dengan terus menjaga semangat misioner mereka, peduli pada sesama, juga setia pada panggilan awal mereka untuk menjadi seorang Guru yang berdedikasi tinggi bagi anak-anak Mentawai, Gereja dan Bangsa.

Bagi Sahabat misioner yang ingin ikut serta dalam karya misi di bidang pendidikan ini, bisa memberikan dukungan berupa donasi ke:

Yayasan KBKK

BCA 0653602020

Berita: Beasiswa KBKK

KBKK mengucapkan terima kasih pada seluruh tim yang pernah maupun masih terus mendukung gerak misi ini. Juga pada semua pihak yang telah ikut mendukung langkah dan karya. Tuhan memberkati setiap niat baik.

Salam misioner,

Angel

 

150 Total Views 1 Views Today
Share.

About Author

Angel Li

Anggota Komisi Dokominfo KBKK Periode 2018-2023

Leave A Reply